Esa Makmur Jaya Teknik merupakan sebuah perusahaan peyedia dan penjual berbagai kebutuhan Alat Pertambangan diantaranya yaitu ada jaw crusher.  Jaw crusher ini pertama kali diperkenalkan oleh Dodge dan Blake, kemudian beroperasi dengan menerapkan sebuah penghancur bertekanan.

Alat ini Merupakan salah satu jenis peralatan untuk pemecah batu yang sangat terkenal di seluruh dunia. Alat ini juga sangat sesuai dan ideal untuk penggunaan dalam tahap penghancuran pertama dan pada tahap yang kedua. Jaw crusher mempunyai kekuatan anti-tekanan dalam menghancurkan sebuah bahan paling tinggi bisa mencapai hingga 320Mpa.

Alat Pertambangan atau jaw crusher ini yang paling terkenal Ada 2 jenis jaw crusher yaitu ada jenis Blake Jaw Crusher dan juga ada jenis Dodge Jaw Crusher.

  • Blake Jaw Crusher

Jenis Blake Jaw Crusher ini mempunyai pivot atau titik engsel jaw pada bagian atasnya, sedangkan pada bagian bawahnya yang selalu bergerak maju dan mundur. Karena pada bagian bawah yang selalu bergerak, maka lebar celah atau bukaan untuk keluarnya biji menjadi sangat variatif. Pada waktu bergerak maju, maka lebar celah atau bukaan tersebut minimum atau suka disebut dengan close side setting, kemudian pada saat bergerak mundur, maka lebar celah atau bukaannya yaitu maksimum.

Pada sistem jenis ini, umpan yang dimasukan kedalam rahang yang berbentuk V dan terbuka kearah atas. Kemudian satu rahang akan menetap dan juga tidak bergerak, sedangkan untuk rahang yang satunya lagi yaitu membuat sudut 20® hingga 30® dan bisa bergerak maju atau mundur yang digerakan oleh sebuah sumbu eksentik, sehingga akan memberikan kompresi yang sangat besar terhadap pada umpan yang terjepit diantara dua rahang tersebut.

  • Dodge Jaw Crusher

Kemudian jenis yang kedua adalah Dodge Jaw Crusher cara kerjanya sama seperti jenis blake jaw crusher. Pada sistem jenis ini, titik engsel yaitu berada pada bagian bawah sedangkan pada bagian atasnya yaitu bergerak maju ataupun mundur. Hambatan yang akan dialami yaitu kemungkinan besar bahwa lapisan rahang dapat mengalami kerusakan selama proses sedang berlangsung. Agar rahang tersebut tidak mudah rusak, maka biasanya suka dilapisi dengan bahan yang tahan terhadap sebuah getaran dan tekanan yaitu seperti manganese stell. Untuk bisa mendapatkan suatu pergerakan dan usaha yang sangat teratur maka dipasang sebuah roda penggerak yaitu dari besi yang pejal.

Faktor- faktor yang dapat mempengaruhi pada penggunaan energi untuk Alat Pertambangan atau jaw crusher ini yaitu ukuran produk, kapasitas mesin, ukuran feed, persen waktu yang tidak terpakai dan sifat batuan.

Kapasitas dari mesin untuk peremuk jaw crusher ini dibedakan menjadi dua kapasitas yaitu ada kapasitas nyata dan juga ada kapasitas desain. Kapasitas nyata merupakan sebuah kemampuan produksi mesin peremuk yang sesungguhnya dan didasarkan pada sebuah sistem produksi yang telah diterapkan. Sedangkan untuk kapasitas desain yaitu merupakan sebuah kemampuan produksi yang memang seharusnya dicapai oleh mesin peremuk itu sendiri. Kapasitas desain ini dapat diketahui dari spesifikasi yang telah dibuat oleh pabrik pembuat mesin peremuk itu sendiri, kemudian untuk kapasitas nyata dapat diketahui dengan cara pengambilan dari conto produk yang sudah dihasilkan.